Unduhan

Panduan Kompetisi Kampus Merdeka 2021 Revisi Juli

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan kebijakan Kampus Merdeka pada tahun 2020 dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana. Kemudian, pada tanggal 5 Agustus 2020, Kemendikbud menerbitkan Keputusan Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020. Terdapat 8 (delapan) indikator kinerja utama yang tertuang dalam keputusan tersebut. Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran.
Unduh berkas

Pengumuman Penerima Bantuan Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka

Sehubungan telah dilaksanakannya seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), bersama ini kami sampaikan daftar perguruan tinggi penerima bantuan pemerintah PKKM tahun anggaran 2021
Unduh berkas

Pengumuman Hasil Seleksi Belum Terpilih Sebagai Reviewer PKKM

Berdasarkan seleksi tim reviewer Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dilaksanakan pada Februari 2021, Kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Belum Terpilih Sebagai Reviewer PKKM No. 1164/E1/TU/2021 tanggal 5 Maret 2021
Unduh berkas

Pengumuman Hasil Seleksi Tim Reviewer PKKM

Berdasarkan seleksi tim reviewer Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dilaksanakan pada Februari 2021, Kami sampaikan Pengumuman Tim Reviewer PKKM No. 0160/E.E1/TU/2021 tanggal 22 Februari 2021
Unduh berkas

Batas Penyerahan Proposal PKKM

0104/E.E1/TU/2021 Merujuk pada jadwal pelaksanaan PKKM, saat ini rangkaian PKKM akan memasuki batas pemasukan proposal, dan Kami imbau seluruh perguruan tinggi yang akan mengikuti PKKM agar segera mengunggah proposal selambatnya pada Kamis,4 Februari 2021 pukul 23:59 WIB
Unduh berkas

Panduan Program Kompetisi Kampus Merdeka Revisi Desember

Revisi IBerdasarkan Adendum Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1342/E.E1/KU/2020 Tanggal 21 Desember 2020
Unduh berkas

Pemberitahuan Adendum dalam Panduan PKKM

PTN/PTS telah melakukan pelaporan data kegiatan belajar mengajar melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan persentase 95% untuk TA 2019-1 dan 2019-2.
Unduh berkas

Template Surat Permohonan Akun

Surat ini diunggah pada saat mendaftarkan akun
Unduh berkas

Panduan Kompetisi Kampus Merdeka 2021

Panduan ini dikhususkan bagi perguruan tinggi yang berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yaitu yang berbentuk Universitas, Insitut dan Sekolah Tinggi. Bagi perguruan tinggi vokasi, program serupa dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.
Unduh berkas

Buku Panduan Indikator Kinerja Utama PTN

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yakni Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberikan arah bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus melakukan transformasi pendidikan tinggi melalui harmonisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Indikator Kinerja Utama merupakan performansi PTN yang akan menentukan klasifikasi PTN serta dukungan sumberdaya dan anggaran yang akan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Unduh berkas

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2020

Menetapkan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeridan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di LingkunganKementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2O2Osebagaimana tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran IIyang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.
Unduh berkas

Soft-launching PKKM (Call for Proposal)

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan kompetensi lulusan, memperluas wawasan dan kesempatan mahasiswa mendapatkan kompetensi dari dunia profesi, meningkatkan kualitas dosen, meningkatkan sinergi dengan masyarakat dan dunia kerja, mendorong praktisi dan profesional untuk turut menyiapkan kompetensi lulusan, dan meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum dan pembelajaran agar lulusan lebih utuh kompetensinya dan siap memasuki dunia kerja baik sebagai pencipta lapangan kerja maupun sebagai seorang profesional (work ready and future proof).
Unduh berkas